2017-10-07

3 Jurus Sakti Sebelum Ke Masjid

diterbitkan: Oktober 07, 2017 | Tag:
Shalat berjamaan di Masjid
Shalat berjamaan di Masjid


Assalamu’alaikum Sahabat Muslimore

Kita mau bahas terkait beribadah di Masjid nih. Kenapa? karena banyak banget lho keutamaan ketika melaksanakan ibadah di Masjid. Namun, pada artikel kali ini penulis tidak membahas keutamaan-keutamaannya. Yang penulis bahas yaitu jurus-jurus mempersiapkan diri agar ibadah kita di Masjid makin sempurna. Di rangkum dalam TIGA JURUS SAKTI sebelum ke Masjid. Yuk kita baca hadits berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةُ الرَّجُلِ فِى جَمَاعَةٍ تَزِيدُ عَلَى صَلاَتِهِ فِى بَيْتِهِ وَصَلاَتِهِ فِى سُوقِهِ بِضْعًا وَعِشْرِينَ دَرَجَةً وَذَلِكَ أَنَّ أَحَدَهُمْ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ لاَ يَنْهَزُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ لاَ يُرِيدُ إِلاَّ الصَّلاَةَ فَلَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلاَّ رُفِعَ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ حَتَّى يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِى الصَّلاَةِ مَا كَانَتِ الصَّلاَةُ هِىَ تَحْبِسُهُ وَالْمَلاَئِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِى مَجْلِسِهِ الَّذِى صَلَّى فِيهِ يَقُولُونَ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ

“Shalat seseorang dengan berjama’ah lebih banyak pahalanya daripada shalat sendirian di pasar atau di rumahnya, yaitu selisih 20 sekian derajat. Sebab, seseorang yang telah menyempurnakan wudhunya kemudian pergi ke masjid dengan tujuan untuk shalat, tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid, ia dianggap mengerjakan shalat selama ia menunggu hingga shalat dilaksanakan. Para malaikat lalu mendo’akan orang yang senantiasa di tempat ia shalat, “Ya Allah, kasihanilah dia, ampunilah dosa-dosanya, terimalah taubatnya.” Hal itu selama ia tidak berbuat kejelekan dan tidak berhadats.” (HR. Bukhari no. 477 dan Muslim no. 649) 1.

Pahala shalat berjamaah di mesjid mempunyai 23-30 derajat lebih banyak daripada shalat sendirian. Bahkan orang yang telah berniat untuk shalat berjamaah saja sudah mengalahkan pahala orang yang shalat sendirian. Oleh karena itu jurus pertama adalah NIAT untuk shalat berjamaah di mesjid.

Jurus Pertama :  “ NIATKAN Shalat Berjamaah di Masjid ”

“Tips untuk Sahabat Muslimore : Setting diri kita untuk meniatkan shalat berjamaah di mesjid satu atau setengah jam sebelum adzan” (tentu perlu latihan ya Sahabat)

Berwudhu dan menyempurnakan wudhu sebelum berangkat ke mesjid. Dicatet ya WUDHU SEBELUM berangkat ke mesjid.

Jurus Kedua :  “ WUDHU SEBELUM BERANGKAT ke Masjid ”

“Tips untuk Sahabat Muslimore : Selesaikan semua hajat lalu berwudhu dan sempurnakan wudhunya”. Bisa dibaca di artikel http://dakwah.muslimore.com/2017/08/tips-trik-menangkal-kentut-flatulen-saat-shalat.html.

Membaca do’a ketika masuk mesjid. Dengan kita membacanya, kemudian malaikat pun akan mendoakan kita lho Sahabat. Malaikat berdoa, “ Ya Allah rahmatilah orang ini, Ya Allah ampuni dosa orang ini, Ya Allah mohon terima taubat orang ini”

Jurus Ketiga :  “ MEMBACA DOA Masuk Masjid ”

“Tips untuk Sahabat Muslimore : hafalkan doa masuk dan keluar masjid beserta adabnya”.

Doa Masuk Masjid
اَللهُمَّ افْتَحْ لِىْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

ALLOOHUMMMAF TAHLII ABWAABA ROHAMTIKA
Artinya : Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu

Doa Keluar Masjid
اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

ALLOHUMMA INNII AS-ALUKA MIN FADLIKA
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu

Dan selalu mendahulukan kaki kanan saat masuk masjid ya Sahabat. Bisa dibaca di artikel ini ya Sahabat. http://dakwah.muslimore.com/2017/08/sunnah-mudah-1.html
Selamat mencoba ya Sahabat….


[1]Sumber: https://rumaysho.com/3412-renungan-untuk-rajin-shalat-berjama-ah-di-masjid.html Label: