2019-05-07

Ajarkan Anak Untuk Mengetuk Pintu Sebelum Masuk Kamar Orang Tua

diterbitkan: Mei 07, 2019 | Tag:
Ajarkan Anak Mengetuk Pintu Sebelum Masuk Ruangan
Ajarkan Anak Mengetuk Pintu Sebelum Masuk Ruangan
Assalammaualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jika anda sudah mempunyai anak, alangkah baiknya bila anda membiasakan sejak dini untuk mengetuk pintu sebelum masuk ke suatu ruangan khususnya kamar orang tua. Terlebih, jika anak anda sudah baligh atau dianggap mumayyiz.

Dengan mengajarkan hal tersebut, anda dapat menghindarkan anak anda dari melihat sebagian atau seluruh aurat dari orang tua begitupun sebaliknya. Ini juga dapat mencegah anak kita dari mendapat pandangan buruk terhadap orang tuanya. Hal ini sesuai dengan firman Allah subhanahu wata'ala:

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (laki-laki dan perempuan) yang kami miliki dan orang-orang yang belum balig di antara kamu meminta izin kepada kamu 3 kali (dalam sehari). Yaitu sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari, dan sesudah shalat isya. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tigas waktu) itu. Mereka melayani kami, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah maha mengetahui lagi maha bijaksana. Dan apabila anak-anakmu telah sampai umur balig, hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nur: 58-59)

Selain mengajarkan tentang adab mengetuk pintu, kita juga perlu mengajarkan si kecil tentang waktu-waktu yang 'terlarang' untuk si anak masuk ke dalam kamar orang tua sesuai dengan ayat di atas. Adapun waktu-waktu tersebut adalah: sebelum sholat subuh, siang hari, dan malam hari selepas sholat isya.

Ini tidak hanya berlaku untuk orang tua pada anak tetapi juga untuk kakak pada adiknya, paman kepada sepupunya bahkan untuk teman dan rekan kerja. Hal ini merupakan adab yang sangat baik untuk diajarkan.

Orang tua pun perlu paham apabila anak sudah memasuki usia mumayyiz, orang tua harus menerapkan aturan yang sama, yaitu mengetuk pintu dan menunggu izin untuk masuk kepada si anak.

Dengan mengajarkan adab mengetuk pintu dan waktu-waktu 'haram' tersebut, insyaAllah anak anda akan menjadi pribadi yang baik dan paham tentang privasi yang mana di zaman sekarang hal tersebut hampir pudar.

Allahu alam bishshawwab. Label: